Selasa, 27 Maret 2012

asal usul persebaran manusia di kepulauan indonesia

skema pembabakn waktu berdasarkan geologi
-zaman arkaekum
-zaman paleozoikum
-zaman mesozoikum
-zaman neozoikum atau kainozoikum


zaman arkaekum
zaman arkaekum berlangsung sekitar 2500 juta tahun yang lalu. pada waktu ini belumada tanda-tanda kehidpan. karena suhu bumi yang sangat panas, kulit bumi masih dalam tahap pembentuan sehingga belum ada kehidupan.

zaman paleozoikum
zaman paleozoikum berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu. pada zaman ini mulai ditemukanya tanda-tanda kehidupan berupa hewan yang bersel satu. jenis makhluk hidup lain adalah ika, reptil, dan lainnya. oleh karena itu zaman ni sering disebut zaman primer.

zaman mesozoikum
zaman ini berlangsung sekitar 140 juta tahun yang lalu. pada zaman ini kehidupan mulai berkembang pesat, terutama binatang-binatang yang sangat besar seperti dinosaurus, atlantosurus dan jenis burung besar lainnya. zaman ini sering disebut zaman reptil karena makluk hidup jenis reptil berkembang pesat pada zaman ini. zaman inijuga disebut zaman sekunder yang artinya zaman kedua.

zaman neozoikum atau kainozoikum
zaman neozoikum belangsung sekitar 60 juta thun yang lalu. keaadan bumi semkin membaik dan kehidupan berkembang pesat.
zaman ini terbagi atas 2 zaman, yaitu
-- kala pleistosin atau zaman divilum atau zaman es.
pada zaman ini suhu dipermukaan bumi mengalami perubahn secara tiba-tiba. ini mengakibatkan es dikuub mencair dan menutupi sebagian daratan dan sebaliknya.
--kala holosin
pada zaman ini jenis homo sapiens mulai hidup dan berkembang. Homo sapiens adalah jenis manusia seperi manusia sekarang.


hipotesis tentang  asal usul persebaran manusia dikepulauan INDONESIA
A. hipotesis yang berkaitan dengan asal-usul manusia
1. hipotesis yang pertama menyatakan bahwa, manusia purba berasal dari satu tempat kemudian menyebar keberbagai wilayah didunia
2. hipotesis yang kedua menyatakan bahwa manusia purba berasal dari banyak tempat kemudian menyebar

hipotesis tentang urutan kronologi yang mendiami bumi
secar umum uruan kronologi yang mendiami bumi adalah HOMO HABILIS-HOMO ERECTUS-HOMO SAPIENS. Sementara banyak pendapat yang menyatakan bahwa dalam satu zaman terdapat lebih dari satu spesies yang sama

hipotesis yang berkaitan dengan tingkat perkembangan ciri fisik dan perilaku homo
berdasrkan hasil penelitian tidak terdapat kepaduan dalam perkembangan manusia dalam bidang anatomi. Sperti penguatan postur bipedal,  bertambahnya keluwesan tangan, pertambahan ukuran volume otak dan perkembangan susunan gigi penggiling dan pengunyah. Sebagai contoh, Australopithesin telah memiliki postur bipedal jauh pada 3,6 juta tahun yang lalu namun baru mengalami pertambahan volume otak pada jenis HOMO.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar