Selasa, 23 April 2013

Mengenal MySQL


Sebelum kita mengenal MySQL , kita harus tau apa itu database, berikut sedikit pengertiannya :

Basis data (atau database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut(http://id.wikipedia.org/wiki/Database). Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer.
Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebutDBMS (Database Management System). DBMS merupakan   suatu   sistem perangkat   lunak   yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.
Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management Systemmerupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnyaHierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb.
Nah sekarang adalah pengertian MySQL, cekidoot :)
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Nah berikut sedikit  Modul buat kalian yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai MySQL
Modul : Modul MySQl

1 komentar: