Selasa, 15 November 2011

jembatan suramadu...^^

Jembatan Suramadu yang berada di antara Pulau Madura dan Pulau Jawa merupakan jembatan yang baru tahun lalu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 juni 2009. Jembatan  ini memiliki panjang sekitar 5.428 dan merupakan Jembatan Terpanjang di Indonesia.
Jembatan Suramadu diresmikan pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 20 agustus 2003. Jembatan ini terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (Causeway), Jembatan Penghubung (Approach Bridge) dan Jembatan Utama (MainBridge). Fungsi Jembatan ini dimaksudkan agar mempercepat pembangunan infrastruktur di Pulau Madura dari segi Ekonomi dan mempermudah jalur transportasi yang selama ini melewati kapal di Ujung – Kamal.
Pembangunan Jembatan Suramadu menghabiskan biaya sekitar 4,5 Triliun Rupiah yang dananya sebagian besar dari APBN dan APBD. Disekitar Jembatan, para wisatawan sering berhenti ditengah jembatan untuk sekedar mengabadikan keadaan disekitar Suramadu. Di ujung Jembatan sisi madura, terdapat banyak lapak yang berjejer menggelar dagangannya bagi mereka yang ingin sekedar mengisi perut atau istirahat.
Proses pengerjaan jembatan ini dilakukan dari 3 sisi. Sisi Bangkalan, Surabaya dan Tengah dan pengerjaannya secara bersamaa dan yang paling membanggakan adalah Jembatan ini dikerjakan oleh Putra dan Putri Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar