Rabu, 02 November 2011

organisasi yang pernah saya ikuti..^^


Organisasi adalah suatu pengorganisasian yang harus dilaksanakan setiap orang maupun organisasi tertetu yang sudah saling terikat. Kita pasti sering mendengar kata organisasi apalagi dilingkungan kita setiap saat dan kapan saja pasti endengarnya. Biasanya kita sering di ajarkan dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Disni kita di didik untuk selalu meningkatkan kreatifitas kita dalam hal berorganisasi antar sesama orang atau anggota. Disini juga banyak dicontohkan di Indonesia contoh organisasi budi utomo dan banyak lainnya di Indonesia. Disekolah tingkat dasar sampai sekolah menengah atas banyak di ajarkan contohnya dokter kecil,osis,pmr,dan organisasi basket. Disini saya mengikuti banyak organisasi  karena saya dilatih dan di diidik untuk saling berkerjasama satu sama lain.

1.    Dokter kecil  
   
Dokter kecil biasanya anak-anak disuruh  memberikan pertolongan pertama bagi teman yang terluka. Selain itu, ada juga pemeriksaan mata, telinga, kadar hemoglobin (HB) dan pemeriksaan golongan darah, gigi, mulut, dan sejumlah hal lain. Syaratnya adalah berjiwa pelayan dan pemimpin, memiliki gaya hidup sehat, mampu memengaruhi orang lain agar hidup sehat, ramah dan baik hati, dan mampu bekerja sama dengan teman. Tugas dokter kecil adalah menjadi penggerak kesehatan dilingkungannya (sekolah), mengarahkan teman-teman untuk bersama-sama menjaga lingkungan, mengobati rekannya yang terluka atau jatuh sakit. 

2.    OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. OSIS juga merupakan salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping latihan kepemimpinan, ekstra kurikuler dan wawasan wiyata mandala .Tugas dari osis yaitu:
·        Menyusun dan melaksanakan program kerja sesuai dengan AD/ART OSIS serta GBPK yang disusun MPK;
·        Selalu menjunjung tinggi nama baik, kehormatan dan martabat sekolah;
·        Kepemimpinan pengurus OSIS bersifat kolektif;
·        Menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada pembina OSIS, MPK dan tembusannya kepada Perwakilan Kelas pada akhir masa jabatannya;
·        Selalu berkonsultasi dengan pembina.
3.    PMR (Palang Merah Remaja)

 
PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia.
 Tugas PMR
·        Belajar dan berlatih untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
·        Menjadi tauladan dalam kehidupan remaja
·        Memelihara kebersihan, kesehatan pribadi dan lingkungan
·        Ikut serta dalam kegiatan meringankan penderitaaan manusia akibat dari kecelakaan musibah atau bencana alam.
Peranan PMR:
·        Sebagai tenaga pembantu PMI dalam melaksanakan tugas kemanusiaan seperti P3K, kejadian atau musibah, membantu tempat – tempat pengungsian, penampungan sementara dan evakuasi korban.
·        ikut membantu pemerintah dalam rangka pembangunan kesehatan masyarakat desa (pkmd), misalnya penimbangan balita, peningkatan gizi dan kesejahteraan masyarakat.

Itulah organisasi yang pernah saya ikuti dari sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar